Minggu, 06 Maret 2016

cara membuat donat goreng yang enak

Cara Membuat Donat Goreng Empuk


cara membuat donat gorengTulisan Cara Membuat Donat Goreng Ini Berisi Enam Tahap Berikut:
1. Bahan bahan membuat donat Goreng.
2. Cara mengadon bahan donat.
3. Cara Membuat Donat Mengembang.
4. Cara Membentuk Donat.
5. Cara Menggoreng Donat.
6. Cara Membuat Toping Donat.
Bagaimana Cara Membuat Donat Goreng? Sulitkah Membuatnya? Tentu saja tidak karena bahan-bahannya ada tersedia di toko di sekitar anda. Dan prosesnya juga simpel.
1. Berikut ini adalah bahan-bahan membuat donat goreng.
– Siapkan sekitar 200 cc air matang
– Sediakan 0,5 kg (Setengah Kilo Gram) tepung terigu
– Siapkan 4 sdm (empat sendok makan) gula pasir
– Sediakan 3 sdm (Tiga sendok makan) susu bubuk.
– Siapkan 3 sdm (Tiga sendok makan) mentega
– Sediakan 2 (Dua) telur ayam
– Dan terakhir siapkan 2 sdt (dua sendok the) garam
Bahan Khusus Pengembang Donat
– Sediakan 1/2 (setengah) bungkus ragi instan sebanyak 11 gr (Sebelas gram)
2. Cara Mengadon Bahan Donat
Mengadon bahan donat cukup pakai tangan saja, jangan menggunakan blender. Caranya, pertama sekali, siapkan mangkok/ wadah besar sebagai tempat mengadon bahan donat.
Masukkan 2 butir telor ayam ke dalam mangkok. Kocok dulu terlurnya menggunakan sendok makan. Langkah berikutnya, masukkanlah tepung terigu, susu, kemudian mentega. Aduk-aduk dulu.
Kemudian masukkan lagi gula pasir sambil terus diaduk. Dan barulah terakhir masukkan 2 sendok teh garam. Aduk-aduklah hingga adonannya tercampur merata dan lain.
Siapkan bahan pengembang donat. Sediakan wadah kecil, isikan air matang. Masukkan 11 gram ragi instan ke dalam air. Aduklah sampai merata kemudian tuangkan ke dalam adonan donat tadi.
Uleni adonan donat hingga terlihat kalis alias benar-benar merata. Usahakan tidak terlihat gumpalan-gumpalan tepung terigunya lagi.
3. Cara Mengembangkan Donat
Adanya ragi dalam adonan tidak otomatis membuat adonan donat anda mengembang. Untuk membuatnya mengembang, cukup dengan mendiamkan adonan tersebut di dalam wadah tempat mengadon. Setelah anda selesai mengadon, diamkan dan tutup wadahnya dengan tutup panci atau bisa juga tutup dengan kain. Lalu tunggu sekitar 20 menit-an.
Bila anda melakukan ini, maka anda akan melihat lambat laun adonannya akan mengembang-meninggi pelan dan pasti. Ketika sudah sampai waktunya maka ukuran adonannya bisa menjadi 5 kali lebih besar dari semula. Ini terjadi karena adanya reaksi kimia antara ragi dan bahan donat lainnya. Bila sudah demikian, maka donat siap untuk anda bentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar